Jumat, 20 Mei 2016

Puluhan Miliar Rupiah Dana Siltap Telah Disalurkan



Jumat, 20 Mei 2016
SATIM TERUS
MAJU TERUS EKSPEDISI HUMANIORA
Puluhan Miliar Rupiah Dana Siltap
Telah Disalurkan
Ali Siswoyo.(Foto-foto : Satim)***
Indramayu, SATIM TERUS MAJU TERUS EKSPEDISI HUMANIORA
            HINGGA berita ini dirilis, Pemerintah Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, telah mencairkan dana puluhan miliar rupiah untuk ratusan desa. Duit sebanyak itu digelontorkan untuk membayar Penghasilan Tetap (Siltap) Kuwu (Kepala Desa), Pamong Desa, dan Tunjangan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di luar carik yang mereka garap.
            Informasi dari pihak Dinas Keuangan Daerah (DKD) Kabupaten Indramayu, dana puluhan miliar rupiah itu dikeluarkan berdasarkan Peraturan Bupati Indramayu (Perbup) Nomor 23 C/2015 tentang Tata Cara Penetapan Besaran, Penggunaan dan Pengeluaran Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Indramayu Tahun 2016, dan Keputusan Bupati Nomor 142.1/Kep.92.C-BPMD/2015 tentang Penetapan Besaran Penghasilan Tetap, Tunjangan Penghasilan dan Jaminan Kesehatan Bagi Kuwu dan Pamong Desa di Kabupaten Indramayu Tahun 2016.
            Data yang diterima SATIM TERUS, hingga Jumat (20/05/2016) sore, pihak Dinas Keuangan Daerah (DKD) Kabupaten Indramayu telah menggelontorkan Rp 10.274.340.000 (Sepuluh miliar dua ratus tujuh puluh empat juta tiga ratus empat puluh ribu rupiah). Uang sebesar itu disalurkan untuk 126 desa. Sementara ratusan desa lainnya akan menerima dana serupa pada pekan-pekan berikutnya, setelah tim verifikasi keuangan setempat memberikan penilaian persyaratan administrasinya sudah dianggap lengkap.
            Dana puluhan miliaran rupiah tersebut masing-masing untuk membayar penghasilan tetap Kuwu Rp 3 juta per bulan, Pamong Desa Rp 1,5 juta/bulan, dan Juru Tulis Rp 2,1 juta/bulan. Sementara Tunjangan Ketua BPD Rp 200 ribu/bulan, Wakil Ketua BPD Rp 150 ribu, Sekretaris Rp 150 ribu/bulan, dan Anggota BPD Rp 100 ribu/bulan. Sedangkan dana yang cair itu untuk empat bulan terakhir.
            Dana yang bertajuk penghasilan tetap itu hingga Jumat (20/05/2016) petang, disalurkan untuk 126 desa di 16 kecamatan, meliputi Kecamatan Indramayu (1 desa), Cantigi (2), Arahan (8), Lohbener (3), Balongan (3), Karangampel (9), Jatibarang (4), Sliyeg (3), Kertasemaya (7), Tukdana (8), Losarang (10), Lelea (11), Cikedung (4), Kandanghaur (13), Bongas (7), Gabus Wetan (1), Anjatan (13), Sukra (8), dan Kecamatan Patrol (8).
            “Dana puluhan miliar sudah kami salurkan kepada 126 desa. Uang dari pemerintah itu untuk menunjang kesejahteraan kuwu, pamong desa di luar carik yang mereka garap. Juga untuk menunjang penghasilan BPD,” kata Kepala Dinas Keuangan Daerah (DKD) Kabupaten Indramayu, Drs. Rinto Waluyo MPd melalui PPK SKPKD setempat, Ali Siswoyo di kantornya, kemarin.
            Ditanya bagaimana nasib ratusan desa lainnya yang belum cair ? “Desa-desa lainnya masih dalam verifikasi. Insya Allah jika sudah lengkap dan sesuai ketentuan, minggu ini siap kami cairkan, Sementara keterlambatan pencairan karena desa-desa baru saja menyelesaikan APB Des dan persyaratan lainnya ” tegas Ali yang terlihat tengah sibuk memeriksa berkas-berkas pengajuan dari sejumlah desa.(Satim)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar