Minggu, 24 Oktober 2010

Kirab Budaya Ciayumajakuning : Gaya Pantura, Jadi Bagian Sendi Tradisi

TANAH AIR

Gaya Pantura, Jadi Bagian Sendi Tradisi

Anak-anak peserta pawai mengenakan kostum topeng tari Cirebon saat Kirab Budaya Ciayumajakuning melintas di Jalan Siliwangi, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (16/10). Kirab budaya yang menjadi rangkaian Festival Topeng Nusantara 2010 ini menampilkan sejumlah kesenian daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan, seperti tari topeng Cirebon, Buroq, dan Berokan. (KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO)***

Oleh Siwi Yunita Cahyanignrum dan Timbuktu Harthana

Bukan tanpa alasan pantai utara Cirebon terpilih menjadi kota awal tempat diselenggarakannya Festival Topeng Nusantara, Sabtu (16/10) pekan lalu. Wilayah pantai utara kaya akan ragam tarian topeng. Di sana tarian topeng berubah versinya, tetapi di lain sisi ia bertahan menjadi bagian dari sendi-sendi tradisi masyarakat desa.

Dalam buku Deskripsi Kesenian Daerah Cirebon yang ditulis Yoyo Nur Suwiryo, para penari keraton memopulerkan tari dengan bebarang atau mengamen di pelosok-pelosok desa. Mereka menarikan tarian topeng dalam lima tingkatan, yakni Panji, Samba, Rumyang, Tumenggung, dan Klana.

Lima karakter itu mencerminkan perjalanan hidup dan watak manusia. Panji menceritakan tentang karakter manusia yang baru lahir, yakni suci dan bersih. Samba menggambarkan karakter anak-anak atau remaja. Rumyang merupakan penggambaran manusia pada masa puber yang mulai bergejolak. Tumenggung menggambarkan manusia dewasa. Adapun Klana, gambaran manusia yang terjebak dalam kabut angkara murka.

Tarian-tarian itu dibawa oleh para penari ke penjuru pantura, menembus Priangan, menyebar ke Sunda Kelapa, bahkan ke Banten. Lewat interaksi bebarang itu, tari topeng menjadi meluas dan merakyat. Topeng tidak hanya dikenal di Cirebon, tetapi juga di Indramayu, Majalengka, Subang, Banten, hingga Priangan.

Di Sunda Kelapa, yang kini dikenal sebagai Jakarta, menurut Endo Suanda, pengamat tari dari Bandung, tarian topeng bersenyawa dengan budaya China, menjadi bentuk tarian tunggal. Tarian itu tetap memakai topeng klana dan jingga, tetapi baju yang dikenakan sudah berkerah koko atau berunsur China. Di Priangan, tari topeng berpadu dengan tari topeng Jawa yang juga masuk ke daerah itu. Di pesisir pantura, topeng menjelma menjadi banjet. Tarian khas pesisiran yang justru tak lagi memakai topeng.

Penjenjangan seperti itu, menurut Iman Taufik, salah seorang penggagas Festival Topeng Nusantara, menunjukkan mengakarnya tradisi tari—setidaknya untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Itu sebabnya, kemudian Cirebon dipilih sebagai pusat Festival Topeng Nusantara karena di daerah ini kehidupan warganya sudah lama menyatu dengan dunia tari topeng.

Pengakaran itu diduga bahkan sudah dimulai sejak era Sunan Kalijaga—sekitar lima ratus tahun lampau. Kalijaga menggunakan tarian—dan khususnyapergelaran wayang kulit—sebagai media dakwah dan diplomasi.

15 gaya tarian

Di Cirebon sendiri, tarian topeng berkembang menjadi tarian rakyat yang hidup di desa-desa. Perkembangan itu tak lepas dari kebijakan Belanda pada masa pemerintahan Daendels pada abad ke-17 yang membatasi dana kesenian di Keraton Cirebon. Pembatasan itu membuat para senimannya memilih pulang ke desanya masing-masing.

Toto Amsar, Ketua Pusat Studi Topeng Cirebon, menemukan lebih dari 15 versi gaya topeng Cirebon yang pernah hidup di pantura. ”Desa-desa asal para seniman keraton itulah yang mengembangkan berbagai gaya tarian topeng Cirebon,” katanya.

Beberapa desa yang mengembangkan gaya tari topeng, di antaranya, adalah Losari, Slangit, Gegesik, Susukan, Kreyo, dan Kalianyar yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon; Desa Tambi, Pekandangan, Lelea, dan Bongas di Indramayu; Jatitujuh di Majalengka; dan Cipunagara di Subang.

Tarian topeng di tiap-tiap daerah itu bisa ditarikan dengan bermacam-macam gaya, tergantung dari asal desanya. Gaya Losari dari Cirebon timur, misalnya, ditarikan dengan gerakan kayang atau meliukkan tubuh ke belakang. Gaya ini tidak terdapat pada tarian topeng dari daerah lain.

Letak geografis Losari yang lebih dekat dengan Jawa Tengah membuat gaya topengnya terpengaruh tarian topeng Jateng yang mengisahkan cerita Panji, pangeran dari Jenggala. Tarian versi Losari ini biasa disebut juga topeng lakonan. Ada tujuh tarian topeng yang biasanya ditampilkan dalam satu rangkaian, yakni samba, patih jayabadra, kili padagunata, jinggan anom, tumenggung magangdiraja, klana bandopati, dan rumyang.

Sementara tarian dari wilayah barat, yaitu Palimanan, Gegesik, Susukan, Tambi, Kreo, dan Kalianyar, gerakan tariannya lebih mencerminkan simbol-simbol perjalanan hidup manusia. Urutan tariannya tak terikat pada pembabakan yang berjumlah lima, yaitu panji, samba (pamindo), rumyang, temenggung, dan klana.

Sukarta (70), dalang wayang, yang juga cucu maestro tari topeng suji dari Palimanan, menuturkan, perbedaan gaya salah satunya dipengaruhi oleh postur tubuh penari.

Kakek buyutnya, Ki Wentar, sengaja membuat bermacam posisi berdiri disesuaikan postur tubuh anak didiknya. Selain dari postur tubuh, perbedaan gerak juga bisa dipengaruhi penafsiran serta kepantasan gerak.

Endo Suanda, peneliti tari Cirebon, juga melihat perbedaan gaya antardaerah dikarenakan ada penyesuaian selera penonton dan estetika gerak di atas panggung.

Keragaman aturan gaya dalam tari topeng Cirebon itu justru menunjukkan bahwa tari topeng Cirebon adalah tarian rakyat, yang liberal mengikuti kreasi dalangnya.

Pada masa keemasan, penari topeng juga punya pengaruh, tepatnya perluasan pengaruh magi topeng ke ranah sosial.

Penari senior dari Palimanan, Nini (nenek) Keni Arja (60), misalnya, bercerita, dulu dirinya dan sejumlah penari topeng sampai dianggap sebagai sosok yang mumpuni ketika sedang menari di panggung.

Sosok penari dipercaya oleh masyarakat penontonnya sebagai perantara energi penyembuhan dan perantara pemberi berkah kebaikan. Peran seperti itu pernah dijal;ani juga oleh penari almarhumah Sawitri (dari Losari) almarhumah Rasinah (Indrmayu), dan penari pria almarhum Sujana Arja (Selangit, Palimanan). Yang terakhir ini adalah kakak kandung Nini Keni Arja.

Karena itu, ketika masih pentas di panggung, Keni Arja sering kali diminta memberi nama anak penonton yang baru dilahirkan. ”Sudah tak terhitung jumlahnya, saya diminta menjadi perantara pengobat penyakit dari penonton,” kata Keni.

Dalam sebuah panggung topeng itu, warga tak lagi melihat Keni sebagai manusia sehari-hari, tetapi sosok lain yang dianggap lebih digdaya (sakti).

Surut

Namun, masa keemasan topeng mulai surut. Dari 15 gaya yang pernah ada, kini hanya ada lima gaya yang bertahan, yakni Losari, Slangit, Gegesik, Palimanan, dan Pekandangan atau Tambi.

Di Gegesik yang menjadi pusat perkembangan tari, penari topeng kini tak sebanyak dulu. Menurut Nurdin M Noer, budayawan Cirebon, pada tiga dekade lalu hampir semua warga di Gegesik bisa menari topeng, entah itu anak penari, ataupun petani biasa. Topeng pun menjadi sesuatu yang wajib dipunyai. Namun, kini hal itu tak berlaku lagi. Jumlah penari hanya bisa dihitung dengan jari.

Keni Arja mengakui, susutnya minat pada tari topeng tak terlepas dari berubahnya selera masyarkat. Dulu, 30-40 tahun silam, dia hampir tak pernah berhenti menari karena selalu mendapatkan tawaran untuk menari.

Jika dirata-rata, 20 hari dalam sebulan hidupnya di atas panggung. Namun, kini, tawaran menari maksimal hanya datang 1-2 kali dalam sebulan sebab tariannya kalah bersaing dengan tarling dan organ tunggal.

Kini, para penari mudalah yang mencoba mempertahankan kekayaan tarian topeng yang tersisa. Topeng gaya Losari yang dulu dipopulerkan oleh Sawitri kini dilanjutkan oleh cucunya, Nur Anani atau Nani.

Topeng slangit juga diwarisi oleh Inu Kertapati. Adapun Wangi Indriya dan Aerly Rasinah masih tetap menjaga topeng gaya Indramayu.

Meski tak lagi populer di dunia pertunjukan, topeng hingga kini masih hidup dalam tradisi agraris dan pesisir warga di Pantura.

Di Lelea, sebuah kecamatan di pelosok Indramayu, tari topeng masih ditarikan setiap kali menjelang musim tanam setahun sekali.

Tari topeng mengiringi tradisi ngarot atau tradisi mencari jodoh remaja setempat. Ketika muda-mudi dipertemukan dalam arak-arakan, tari topeng akan dimainkan.

Topeng juga menjadi tarian yang wajib setiap kali ada upacara sedekah bumi atau sedekah laut di berbagai kampung nelayan, seperti Bondet, atau Gebang di Cirebon, hingga Eretan di Indramayu.

Hingga detik ini, upacara penghormatan di makam leluhur masyarakat desa di Tambi, Indramayu, masih diawali dengan permainan tari topeng.

Source : Kompas, Sabtu, 23 Oktober 2010 | 04:43 WIB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar