Kamis, 21 Oktober 2010

PEGGY MELATI SUKMA Duta Topeng Nusantara

PEGGY MELATI SUKMA

Duta Topeng Nusantara

PEGGY MELATI SUKMA. (KOMPAS / SIWI YUNITA CAHYANINGRUM)***

Lama tak muncul di layar kaca, artis Peggy Melati Sukma (34) kini bergelut dengan dunia budaya. Peggy yang lahir di Cirebon kini menjadi Duta Topeng Nusantara yang membawa misi memopulerkan topeng di kancah internasional.

Sejak Sabtu (9/10) lalu, Peggy sudah sibuk wira-wiri (bolak-balik) dari Jakarta ke Cirebon. Minggu lalu ia memimpin anak-anak dan remaja membuat 5.031 topeng kreatif dalam sehari. Hasilnya? Rekor nasional pun terpecahkan.

Rencananya, dia akan mengundang 15 kedutaan negara sahabat untuk menyaksikan kirab budaya tiga keraton pada Sabtu (16/10) di Cirebon. Acara itu berlanjut dengan pentas kolaborasi delapan tari topeng dari Nusantara di Kuningan pada malam harinya.

Menurut Peggy, keterlibatannya dalam Festival Topeng Nusantara didasari atas keinginannya memopulerkan topeng Nusantara. Kebetulan, ia digandeng oleh Nani Taufik, Ketua Yayasan Prima Adrian Tana, menjadi penggagas Festival Topeng Nusantara itu.

”Ini adalah langkah awal untuk mengenalkan topeng di tingkat internasional. Langkah selanjutnya adalah menjadikannya sebagai salah satu warisan dunia dari Indonesia,” kata Peggy.

Peggy juga berharap festival ini bisa menjadi ajang dua tahunan untuk menarik wisatawan. (NIT)***

Source : Kompas, Kamis, 14 Oktober 2010 | 02:58 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar