Senin, 07 Maret 2011

Fortusis Minta Penentuan Passing Grade dari Nilai UN

Senin

7 Maret 2011

Ekspedisi Humaniora Online

Fortusis Minta

Penentuan Passing Grade dari Nilai UN

BANDUNG, Ekspedisi Humaniora Online - Ketua Forum Orang Tua Siswa (Fortusis) Kota Bandung Dwi Soebawanto mengatakan, lebih baik formula penentuan passing grade dilihat dari nilai ujian nasional (UN) saja. Pertimbangannya agar orang tua tidak kaget, karena selama ini berpatokan pada UN.

"Nilai UN saja bisa direkayasa, apalagi jika ditambah UAS. Saya pikir, seperti tahun sebelumnya saja, yaitu passing grade berdasarkan nilai UN. Kalau digabung dengan nilai UAS dikhawatirkan bisa terjadi pengatrolan nilai. Pembobotan nilai UAS mungkin bisa ada, tapi tetap diprioritaskan nilai UN," ungkap Dwi, Senin (7/3).

Dwi mencontohnya, misalnya rapor hilang. Selain itu, bisa terjadi rekayasa data di sekolah karena data di sekolah tidak terjamin tersimpan benar. Dwi menjelaskan, selama ini Kementerian Pendidikan Nasional membuat kebijakan, tapi petunjuk teknis serta operasionalnya tidak pernah disosialisasikan ke daerah dengan baik. Padahal seharusnya ada formula yang tepat serta baku untuk menentukan passing grade masuk SMP dan SMA. (A-187/A-147)***

Source : Pikiran Rakyat Online, Senin, 07/03/2011 - 16:09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar