Jumat, 11 Desember 2015

Panyindangan Wetan : Danramil 1602 Sindang Pimpin Percepatan Tanam


Senin, 07 Desember 2015
Pukul 13:15 WIB
Tentara Dilibatkan Dalam
Percepatan Tanam
MENABUR BENIH – Danramil 1602 Sindang, Kapten (Arh) Basori bersama bersama petani menabur benih di areal persawahan Desa Panyindangan Wetan, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Senin (07/12/2015) pagi dalam Program Percepatan Tanam yang dicanangkan Dandim 0616 Indramayu.(Foto-foto : Satim)***
SATIM TERUS
MAJU TERUIS EKSPEDISI HUMANIORA
Indramayu, SATIM TERUS Online - PANGAN masalah sensitif bagi siapapun. Inilah yang kemudian digelorakan Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk swasembada pangan. Pemerintah tak ingin Indonesia dilanda kerawanan pangan, karena akan berakibat rawannya stabilitas keamanan.
            Demi suksesnya program swasembada pangan nasional, tentara pun dilibatkan dan terjun langsung ke sawah-sawah untuk membantu petani, diantaranya mengusahakan ketersediaan air yang selama ini kerap dimanipulasi pihak-pihak tertentu.
            Pemandangan yang sudah akrab di kalangan masyarakat saat ini, sejumlah tentara terjun langsung ke sawah dalam rangka percepatan tanam padi, khususnya di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Maka sejak November 2015, sejumlah tentara dari Kodim 0616 Indramayu terjun ke sawah-sawah membantu petani dalam rangka percepatan tanam padi.
            Di wilayah Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, tentara yang terjun dalam percepatan tanam dari Koramil 1602 Sindang yang dipimpin langsung Danramil 1602 Sindang, Kapten (Arh) Basori dengan lokasi persawahan di Desa Panyindangan Wetan, Senin (07/12/2015) pagi.
           Langkah awal, Danramil Sindang itu bersama pasukannya, dibantu Kuwu (Kepala Desa) Nursidin, Ketua Gapoktan setempat H. Warso, Ketua Pompanisasi Jayadi serta dibantu beberapa petani menaburkan benih di persemaian. Spanduk bertuliskan Percepatan Tanam Kodim 0616 Indramayu pun dibentangkan di sekitar persemaian padi.            Danramil 1602 Sindang, Kapten (Arh) Basori mengatakan, swasembada pangan perlu digelorakan dan sanggup dipenuhi Kabupaten Indramayu, khususnya di wilayah Kecamatan Sindang.“Oleh karena itu, perlu dilakukan percepatan masa tanam padi di wilayah Kecamatan Sindang. Kami selaku tentara siap membantu para petani sesuai instruksi Pak Dandim 0616 Indramayu,” tegas Basori didampingi Kuwu Panyindangan Wetan, Nursidin, Ketua Gapoktan setempat H. Warso dan Ketua Pompanisasi setempat, Jayadi dan sejumlah para petani Desa Panyindangan Wetan, Senin (07/12/2015) pagi.
Pantauan SATIM TERUS Online, percepatan tanam bukan hanya di wilayah Kecamatan Sindang. Namun sudah dilakukan tentara berbarengan dengan para kelompok tani di seluruh wilayah Kabupaten Indramayu sejak November 2015.
Karena keberhasilan tentara di jajaran Kodim 0616 Indramayu dalam menggelorakan swasembada pangan, pihak Kementerian Pertanian kabarnya telah memberikan penghargaan “Peniti Emas” sektor Pertanian kepada Dandim 0616 Indramayu, Letkol (Arh) Zaenudin SH, beberapa waktu lalu.(Satim)***



Tidak ada komentar:

Posting Komentar