Jumat, 05 Agustus 2011

SMK Unggulan Dikembangkan di 10 Titik Koridor Ekonomi

Jumat, 05 Agustus 2011

MAJU TERUS

EKSPEDISI HUMANIORA ONLINE

Dua di Antaranya di Bandung

SMK Unggulan Dikembangkan

di 10 Titik Koridor Ekonomi

JAKARTA, (PRLM), EKSPEDISI HUMANIORA ONLINE - Program pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) unggulan dikembangkan di sepuluh titik di daerah koridor ekonomi. Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) mencatat, dua di antaranya berada di Bandung.

Daerah koridor ekonomi lainnya dalam pengembangan SMK unggulan itu antara lain Palembang, Palangkaraya, Wonogiri, Situbondo, Probolinggo, dan Denpasar. “Sifatnya itu memperbesar SMK yang sudah ada,” ujar Direktur Pembinaan SMK Kemdiknas Joko Sutrisno dalam keterangan pers di Kantor Kemdiknas Senayan, Jakarta, Rabu (13/7).

Sementara itu, menyinggung jumlah peminat SMK, Joko mengungkapkan, angkanya menunjukkan peningkatan persentase dari tahun ke tahun. Tahun ini, peningkatannya mencapai 15 persen. “Sedangkan, paling tinggi terjadi pada 2008 dan 2009,” katanya seraya menuturkan pada tahun itu lompatannya bahkan mencapai 30 persen.

Lebih jauh, Joko mengatakan, mengenai tren peminat SMK sendiri mendaftar pada jurusan informatika dan otomotif. Namun, belakangan juga teknologi bangunan menunjukkan peningkatan.

Sebelumnya, Joko memaparkan, saat berlangsung Pekan Produk Kreatif Indonesia 2011 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, beberapa waktu lalu, sebanyak 27 SMK turut berkiprah, terdiri dari 22 SMK peserta pameran dan 5 SMK mengisi tarian.

Dalam ajang itu, selain menampilkan stan otomotif, juga dikenalkan karya batik dan teknik pembuatan batik tulis yang terkendali dengan komputer. (A-94/das)***

Source : Pikiran Rakyat Online, Kamis, 14 Juli 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar