Minggu, 05 Juli 2009

Masa Tenang : Panwascam dan PPL Kecamatan Sindang Membersihkan Atribut Kampanye Capres 2009

Baligho Kampanye Capres JK-Wiranto tengah diturunkan para anggota Panwascam Sindang yang dibantu para anggota PPL se-Kecamatan Sindang, Minggu (5/7) siang.
Baligho itu terpasang di jalan Cimanuk dan Jalan Murah Nara Indramayu. (Foto : Satim)

Aksi Pembersihan Atribut Kampanye Capres

Poster JK-Wiranto Terbanyak

INDRAMAYU – Memasuki masa tenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009, budaya yang belum terbangun tampaknya, kesadaran pihak-pihak yang berkaitan aksi pembersihan segala macam atribut kampanye yang terpasang di sejumlah tempat. Masa tenang yang diberlakukan KPU sejak Sabtu (4/7) tengah malam, namun hingga Minggu (5/7) malam, sejumlah atribut kampanye Capres 2009 masih banyak dijumpai di wilayah Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Ini seperti yang terlihat di Jalan Wiralodra Indramayu, Jalan Veteran, dan Jalan Siliwangi Indramayu, sebagai salah satu contohnya. Spanduk, poster, baligho, dan stiker-stiker Capres masih banyak dijumpai di lokasi tersebut.

Yuyud, anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Indramayu mengatakan, pihaknya akan melakukan pembersihan segala macam atribut Capres mulai hari Senin (6/7) pagi sampai dengan selesai. “Aksi pembersihan atribut oleh Panwascam Indramayu mulai Senin,” kata Yuyud.

Itu berbeda dengan aksi pembersihan atribut Capres yang dilakukan jajaran anggota Panwas Sindang dan para Panitia Pengawas Lapangan (PPL) Pilpres 2009. Ketua Panwascam Sindang, Masudin memerintahkan, agar seluruh anggota Panwas dan PPL melancarkan aksi pembersihan atribut Capres, Minggu (5/7) pagi sampai dengan selesai. Instruksinya ia lakukan melalui SMS yang dikirimkan ke sejumlah anggota Panwascam dan PPL yang ada di wilayah Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu.

Sebanyak sepuluh anggota jajaran Panwascam Sindang diterjunkan ke lapangan , berkeliling sepanjang jalan dan lorong-lorong keliling wilayah Kecamatan Sindang untuk membersihkan atribut kampanye para Capres yang masih terpasang di jalan-jalan, tembok-tembok, dan pagar rumah-rumah warga.

“Masa tenang yang dimulai hari Minggu (5/7) ini, di wilayah Kecamatan Sindang harus bersih dari berbagai atribut kampanye Capres 2009,” ujar Nana, Sekretaris Panwascam Sindang yang memimpin langsung aksi pembersihan atribut kampanye di wilayah kerjanya.

Dengan menaiki kendaraan pick up merk Toyota warna hitam metalik yang dikemudikan Dedi Rohendi, PPL Desa Sindang, seluruh anggota Panwascam dan PPL di delapan desa terlihat bersemangat mencabuti dan merobeki segala macam atribut kampanye Capres 2009. Sekitar pukul 17.05 WIB, mereka baru selesai menjalankan tugasnya.

“Meski terasa capek, kaki pegal-pegal karena membersihkan atribut kampanye sambil jalan kaki, dan naik turun mobil pick up, namun kami merasa bangga karena telah menjalankan tugas dan tanggung jawab PPL yang merupakan bagian dari jajaran Panwascam Sindang,” tutur Saprorudin yang diamini sejumlah anggota PPL lainnya.

Sejumlah anggota PPL dan Panwascam Sindang berkomentar, kalau para tim kampanye Capres responsif, reaktif, dan konsekuen terhadap hari tenang menjelang Pilpres 2009, segala macam atribut kampanye Capres yang pernah dipasangnya, maka mereka sendiri yang membersihkannya.

Ironisnya, hingga Minggu (5/7) pagi, malah sejumlah eksbener besar-besar masih berdiri tegak di sejumlah ruas jalan utama. Poster, eksbener, dan stiker kampanye Capres JK-Wiranto termasuk yang terbanyak. Akhirnya, hari itu pula dibersihkan pihak Panwascam sindang bersama jajaran PPL se-Kecamatan Sindang. (Satim)***

1 komentar: