Kamis, 03 Juni 2010

12.142 Siswa Ikuti Olimpiade Sains Provinsi 2010

OLIMPIADE SAINS NASIONAL

12.142 Siswa Ikuti Olimpiade Sains Provinsi 2010

JAKARTA - Sebanyak 12.142 siswa sekolah menengah atas mengikuti Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi yang meliputi delapan bidang studi, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Ekonomi, dan Kebumian pada 1-3 Juni 2010 serentak di 33 provinsi.

Koordinator OSN SMA Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional Suharlan, Rabu (2/6), mengemukakan, 12.142 siswa itu sebelumnya telah lolos seleksi di tingkat kabupaten/kota. Peserta yang lolos kompetisi di tingkat provinsi akan berlaga di tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara, Agustus mendatang.

Sebanyak 30 peserta terbaik di tingkat nasional akan diseleksi menjadi 10-15 peserta yang akan mengikuti seleksi olimpiade sains internasional. Sebelum mengikuti olimpiade sains tingkat internasional, peserta terbaik akan diberi pembinaan khusus oleh dosen-dosen dari perguruan tinggi negeri. ”Materi pembinaan sesuai standar materi dalam olimpiade internasional,” kata Suharlan.

Direktur Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan Nasional Sungkowo mengatakan, olimpiade ini bertujuan untuk mengembangkan sains di kalangan siswa, serta mencari siswa terbaik tingkat nasional untuk mengikuti olimpiade sains tingkat internasional pada 2011. OSN adalah ajang untuk mencari bibit baru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

”Kami berharap bisa menemukan calon-calon yang mewakili Indonesia dalam berbagai bidang,” ujarnya.

OSN Internasional 2010 akan diselenggarakan di delapan negara, yaitu Kazakhstan (International Mathematics Olympiad), Kroasia (International Physics Olympiad), Jepang (International Chemistry Olympiad), Korea (International Biology Olympiad), Kanada (International Olympiad in Informatics), China (International Olympiad on Astronomy and Astrophysics), dan Indonesia (International Earth Science Olympiad/IESO). Indonesia akan menjadi tuan rumah IESO 2010 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta, 19-28 September mendatang. (LUK/Kompas) ***

Source : Kompas, Kamis, 3 Juni 2010 | 02:45 WIB

Top of Form

Bottom of Form

Ada 1 Komentar Untuk Artikel Ini. Posting komentar Anda

Yosef @ Kamis, 3 Juni 2010 | 09:44 WIB
Pemerintah daerah dan propinsi dapat memfasilitasi kelompok olympiade di sekolah-sekolah dengan membentuk kelompok olympiade, perlu bantuan dana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar