Rabu, 05 Januari 2011

2011, 30 Ribu Siswa Miskin Tingkat SMA di Jabar tak Terima Bantuan

2011, 30 Ribu Siswa Miskin Tingkat SMA di Jabar

tak Terima Bantuan

BANDUNG - Sekitar 30 ribu siswa tidak mampu tingkat SMA di Provinsi Jawa Barat dipastikan tidak tercover bantuan dari pemerintah. Pasalnya mulai tahun 2011 Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tingkat SMA dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dihilangkan.

"Tahun ini hanya ada beasiswa bagi siswa tidak mampu. Itupun tidak semua bisa menikmati. Hanya sekitar 6.000 siswa yang menerima, sementara prediksi dari pusat, jumlah siswa tidak mampu tingkat SMA di Jawa Barat berkisar 35 ribuan," kata Kasie Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, H.M Burhanudin.

Menurut Burhanudin, selama dua tahun terakhir seluruh siswa SMA di Jawa Barat tanpa kecuali menerima bantuan sekitar Rp 120 ribu per siswa per tahun melalui BOS provinsi. Total anggaran yang dialokasikan dalam APBD Provinsi sekitar Rp 85 miliar.

"Sementara tahun ini alokasi BOS SMA dihilangkan dan diganti dengan beasiswa dengan anggaran hanya sekitar Rp 5 miliar. Yang menerima hanya 6.250 siswa di seluruh Jawa Barat dengan alokasi Rp 780 ribu per siswa per tahun. Tentu jumlah ini sangat kurang," ujarnya.

Menurut Burhanudin, untuk bisa mencover siswa-siswa tidak mampu ini, dibutuhkan dana minimal Rp 30 miliar. Setidaknya untuk bisa mengcover kegiatan-kegiatan siswa di luar kelas, seperti ekstrakurikuler atau kegiatan lainnya di luar jam belajar yang membutuhkan biaya tidak sedikit. “Tentu dengan kondisi ini beban sekolah akan semakin berat, karena tidak ada bantuan yang bisa mendukung kegiatan mereka,” tuturnya. (A-157/das)***

Source : Pikiran-Rakyat Online.com, Rabu, 05/01/2011 - 08:21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar