Senin, 28 Februari 2011

Abdul Ajib, Seniman Tarling Cirebon Meninggal Dunia

Abdul Ajib, Seniman Tarling Cirebon Meninggal Dunia

Sabtu, 26 Februari 2011 | 16:09 WIB

Ekspedisi Humaniora Online

TEMPO Interaktif, Cirebon - Seniman tarling Cirebon H. Abdul Ajib, meninggal dunia. Pencipta lagu Warung Pojok tersebut meninggal setelah menjalani perawatan lebih dari setengah bulan di dua rumah sakit di Cirebon.

Berita terkait :

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Abdul Ajib,69, meninggal dunia sekitar pukul 13.40 WIB di Rumah Sakit Paru, Sidawangi, Cirebon. Tapi sebelumnya Abdul Ajib telah menjalani perawatan terlebih dahulu di RSUD GUnung Jati, Cirebon.

Seorang budayawan Cirebon, Sumbadi Sastraalam saat ditemui di rumah duka, Jalan Sukasari, Kota Cirebon, menjelaskan jika Abdul Ajib sebelum masuk rumah sakit mengalami gangguan di perut. "Awal dikira hanya penyakit maag. Ia pun dirawat di RSUD Gunung Jati," katanya.

Namun ternyata, almarhum pun menderita penyakit paru. "Mungkin karena kebiasaannya yang masih kuat begadang hingga malam," katanya.

Dengan kepergian Abdul Ajib, seluruh seniman di wilayah Cirebon sangat kehilangan. "Abdul Ajib memiliki suara khas, suara tarling Cirebon yang hingga kini belum dimiliki oleh seniman tarling lainnya," kata Sumbadi. Almarhum pun menurut Sumbadi selama ini dikenal sebagai pria yang berkepribadian yang sangat baik dan tidak segan-segan menularkan ilmu yang dimilikinya kepada generasi muda.

Dua karya terkenal dari almarhum Abdul Ajid yaitu drama tarling berjudul Cerita Baridin serta lagu Warung Pojok yang diciptakan tahun 1964 dan sudah mendunia.

Abdul Ajib meninggalkan 10 orang anak yang berasal dari dua istri yaitu Sumarni dan Uun Kurniasih yang juga seorang penyanyi tarling Cirebon. Rencananya almarhum akan dimakamkan sore ini juga.(IVANSYAH)***

Source : TEMPO Interaktif, Sabtu, 26 Februari 2011 | 16:09 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar