Senin, 14 Februari 2011

Lulusan SMA Akan Hadapi Soal SNMPTN yang Sulit

Siswa Pintar Diseleksi Lewat Jalur Undangan

Lulusan SMA Akan Hadapi

Soal SNMPTN yang Sulit

Senin, 14/02/2011 - 12:44 WIB

BANDUNG, Ekpedisi Humaniora - Soal yang diujikan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 diprediksi mengalami peningkatan dalam hal tingkat kesulitan dibanding soal SNMPTN tahun lalu. Pasalnya, tahun ini sejumlah perguruan tinggi mulai menghapus jalur mandiri dan hanya mengandalkan jalur SNMPTN sebagai pintu masuk penerimaan mahasiswa baru.

"Selain itu juga, beberapa perguruan tinggi menggunakan jalur undangan yang porsinya lebih besar, sehingga siswa-siswa yang secara akademis pintar sudah terlebih dahulu disaring melalui jalur undangan. Artinya siswa peserta SNMPTN ujian tulis merupakan sisa jalur undangan," kata Konsultan Pendidikan Tridaya, Dwi Kusuma Wardani dalam acara Parenting Class di Aula Universitas Islam Bandung, Jln. Tamansari Bandung.

Menurut Dwi, di 2010 saja, tingkat kesulitan soal SNMPTN sudah meningkat jauh dibandingkan dengan di 2009. Oleh karena itu, pada SNMPTN 2011 ini dipastikan akan lebih terasa sulitnya, sebab PTN akan mencari calon mahasiswa terbaik dan tidak sembarangan agar bisa sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. "Jika tahun lalu yang pintar bisa mengerjakan hingga 80 % soal, tahun ini pasti tidak akan mampu hingga 80 %," tuturnya. (A-157/A-147)***

Source : Pikiran-Rakyat Online, Minggu, 13/02/2011 - 11:54

Tidak ada komentar:

Posting Komentar