Senin, 28 Februari 2011

Maestro Tarling Meninggal Dunia

Maestro Tarling Meninggal Dunia

Sabtu, 26 Februari 2011 | 15:51 WIB

Ekspedisi Humaniora Online

MAESTRO TARLING WAFAT – Jenazah maestro tarling Cirebon, Abdul Ajid disemayamkan di rumah duka RT 03/ RW 03, Jalan Sukasari, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Abdul Ajid meninggal di RS Paru Sidawangi pada Sabtu (26/2) sekitar pukul 13.00 akibat sakit yang dideritanya. (TRIBUN JABAR/IDA ROMLAH)***

CIREBON, Ekspedisi Humaniora Online - Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Maestro tarling Cirebon, Abdul Ajid telah meninggal dunia, Sabtu (26/2) siang sekitar pukul 13.00. Abdul Ajid meninggal di RS Paru Sidawangi Kota Cirebon akibat sakit yang dideritanya.

Abdul Ajid meninggal dalam usia 69 tahun. Meninggalkan satu istri, Sumarni, sembilan anak dan 13 cucu.

Abdul Ajid merupakan seniman besar asal Kota Cirebon. Sejumlah karyanya, terutama lagu-lagu tarling sangat familiar di telinga pencinta seni dan budaya tradisional pantura. Satu di antara lagu ciptaannya bahkan sudah mendunia, dengan judul "Warung Pojok".

Satu dari sembilan putra Abdul Ajid, Ayudha Sakti mengatakan, meninggalnya seniman besar Cirebon itu tanpa diduga. Sebab sesaat sebelum mengembuskan napas terakhir, sempat becanda dengan anak-anaknya, yang menunggui di rumah sakit.

"Bapak memang sudah masuk rumah sakit sejak tiga minggu lalu. Pertama kali dirawat di RS Gunung Jati, dan dua hari lalu dipindah ke RS Sidawangi," ujar Ayudha saat ditemui di rumah duka.

Kini, jasad Abdul Ajid disemayamkan di rumah duka, RT 03/ RW 03, Jalan Sukasari, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Sejumlah kerabat dan sahabat datang melayat.

Rencananya, jenazah Abdul Ajid akan dimakamkan di pemakaman Buyut, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon sekitar pukul 16.00. (roh)***

Penulis : Ida Romlah Editor : Darajat Arianto

Source : tribunjabar.co.id, Sabtu, 26 Februari 2011 | 15:51 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar