Kamis, 26 Maret 2009

Bangunan Cagar Budaya Indramayu

Goa Peninggalan Jepang

Yang “Mengerang”

INDRAMAYU – Pantai Karangsong Indramayu, Provinsi Jawa Barat letaknya tak jauh dari jantung ibukota Indramayu. Arahnya ke utara berjarak sekitar 3 kilometeran. Namun justru disitulah terdapat peninggalan sejarah yang masih berdiri hingga kini. Sebuah bangunan mirip goa yang dulunya pernah dijadikan perlindungan tentara Jepang pada 1940-an itu, hingga kini masih terlihat berdiri. Meski kondisinya sudah tampak rapuh.

Ironisnya, goa perlindungan jaman penjajahan Jepang dan pernah dijadikan perlindungan para pejuang rakyat Indramayu dalam melawan agresi Belanda itu, hingga kini belum pernah direhab. Goa yang mengandung nilai sejarah tersebut saat ini terbengkalai dan dibiarkan “mengerang” sendirian di tepi Pantai Karangsong Indramayu.

Pihak Dinas Kebudayaan dan instansi terkait di Kabupaten Indramayu terkesan belum memperioritaskan pada upaya-upaya pelestarian sejumlah bangunan cagar budaya di Kota Mangga. Entah sampai kapan goa bersejarah di Karangsong itu diperhatikan dan dilestarikan keberadaannya sebagai salah satu obyek wisata sejarah.

Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten Indramayu, Des. Umar Budi Karyudi mengatakan, pihaknya baru akan mengupayakan pengolahan data-data dan beragam informasi tentang Kabupaten Indramayu, termasuk perkembangannya yang bersifat dinamis dan aktual.

“Tapi ini baru upaya. Keputusan akhirnya ada di tangan atasan (Bupati-Red),” katanya.

Umar Budi mengaku bersyukur, ternyata masih ada orang yang peduli terhadap perkembangan dan keberadaan cagar budaya yang ada di wilayah Kabupaten Indramayu seperti yang ditayangkan satimterus.blogspot.com dengan logo Maju Terus Ekspedisi Humaniora dalam media internet yang selalu online.

“Saya memuji langkah-langkah satimterus.blogspot.com itu yang bisa diakses oleh siapa pun di seluruh dunia melalui media maya bernama internet,” ungkapnya. (Satim) ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar