Sabtu, 17 Oktober 2009

Berburu Kerang di Telaga Remis, Kuningan, Jawa Barat

Ayo Berburu Kerang di Telaga Remis

Oleh : Siwi Yunita Cahyaningrum

Bagi pencinta wisata air, Telaga Remis di Desa Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, bisa menjadi tempat rekreasi favorit untuk dikunjungi. Telaga berwarna hijau ini berada di tengah perbukitan dan dikelilingi hutan pinus sehingga jauh dari ingar-bingar kota.

Sejak lama Telaga Remis menjadi obyek wisata andalan Kabupaten Kuningan. Meski terletak di tengah hutan pinus, telaga itu mudah dijangkau kendaraan bermotor. Telaga Remis juga dilengkapi fasilitas pendukung, seperti area peristirahatan, sepeda air, dan tempat permainan anak.

Telaga Remis adalah telaga terbesar dari tiga telaga di kawasan wisata itu, yang luas totalnya 5 hektar. Luas Telaga Remis sendiri 3 hektar atau lebih dari separuh luas obyek wisata itu. Saat musim kemarau seperti sekarang, telaga dengan kedalaman sekitar 5 meter ini tak pernah kering. Airnya menjadi nadi kehidupan masyarakat Pasawahan dan sekitarnya, bahkan diandalkan warga Cirebon.

Air telaga juga menghidupkan perekonomian warga sekitar karena menghidupi budidaya air tawar, bahkan berkembang menjadi wisata kuliner air tawar. Salah satu buktinya, dari berbagai mata air di Kuningan, hanya telaga ini yang menjadi tempat hidup remis atau kerang air tawar.

Menurut Anto (30), warga Kaduela, telaga ini dinamai remis karena kaya akan remis atau kerang air tawar. Tak heran, air telaga indah ini didominasi warna kuning yang muncul dari pantulan remis. Sekarang pantulan itu masih ada, tetapi tak lagi sebanyak dulu. Saking banyaknya remis, Anto bisa mendapatkan sekitar 1 kilogram remis dalam tempo satu jam saja dan hanya dengan memungut di tepian danau. "Jika ingin mencari remis di tengah telaga, pasti akan didapat lebih banyak lagi," kata Anto, ketika berburu kerang, Jumat (16/10). Remis, obat alternatif

Harga 1 kg remis bisa mencapai Rp 30.000 karena banyak warga terutama dari luar kota yang meminatinya sebagai obat alternatif untuk penyakit lever. Kerang ini juga bisa dimakan. Jika tak ingin repot, kita tinggal memesan dan restoran akan menyediakan masakan dari remis.

Bagaimana dengan dua telaga lain di kawasan wisata Telaga Remis? Kedua telaga itu bernama Situ Ayu Salintang dan Telaga Nilam. Situ Ayu Salintang berada persis di sisi Telaga Remis dengan ketinggian air hanya 1-2 meter.

Telaga Nilam berada sekitar 500 meter dari Telaga Remis. Meski luasnya tak lebih besar daripada kolam renang pada umumnya, airnya jernih. Pengunjung masih bisa melihat ganggang dan bebatuan di telaga meski jarak dasar telaga dengan permukaan air mencapai 3 meter lebih. Berada di titik perbatasan Cirebon, Majalengka, dan Kuningan membuat tempat wisata ini mudah dijangkau dari mana saja.

Dari Kota Cirebon, Telaga Remis hanya berjarak sekitar 24 km ke arah selatan, sedangkan dari pusat kuningan berjarak 35 km ke arah utara. ***

Source : Kompas, Sabtu, 17 Oktober 2009 | 10:59 WIB (Foto : koesmahome.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar