Senin, 09 November 2009

Citra Pustakawan Sebagai Profesi Yang Dapat Dibanggakan

Pustakawan Terbaik Dapat Penghargaan
18-08-2009 10:00:35 | Dibaca : 113

JAKARTA - Perpustakaan Nasional RI akan memberi penghargaan kepada pustakawan terbaik.

Penganugerahan pemenang dilakukan di Istana Negara pada 17 Agustus 2009 bersama para teladan lainnya.

Ajang penghargaan tahunan ini diadakan sebagai salah satu wujud pembinaan yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional RI terhadap profesi pustakawan di Indonesia, ungkap Supriyanto, Ketua Panitia Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2009.

Supriyanto mengatakan peran pustakawan menjadi aspek penting dalam optimalisasi pelayanan perpustakaan. Pustakawan adalah seseorang yang berkarya secara profesional di bidang perpustakaan, dokumentasi ataupun informasi.

Untuk mewujudkan penghargaan kepada profesi pustakawan, Perpustakaan Nasional RI tahun ini kembali menyelenggarakan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional. Diharapkan penghargaan tersebut dapat meningkatkan motivasi kerja para pustakawan. Dengan motivasi yang tinggi, pustakawan diharapkan dapat berkarir secara profesional dalam melayani kebutuhan informasi masyarakat luas, ujarnya.

Sedangkan tujuan jangka panjang ajang pemilihan ini diharapkan akan meningkatkan citra pustakawan sebagai profesi yang dapat dibanggakan. Dalam ajang ini, peserta pemilihan adalah mereka yang sudah lolos seleksi tingkat provinsi (Juara I) seluruh Indonesia. Selanjutnya mereka mengikuti penilaian tingkat nasional oleh Dewan Juri melalui beberapa tes tertulis, presentasi dan wawancara, kata Supriyanto.

Dewan juri yang menyeleksi Pustakawan Berprestasi terdiri dari pejabat pustakawan, pakar bidang kepustakawanan, wakil organisasi kepustakawanan, tim penilai jabatan pustakawan, serta wakil lembaga pendidikan kepustakawanan.

Mengenai kriteria Pustakawan Teladan, Ketua Dewan Juri, Blasius Sudarsono menjelaskan, Pustakawan Berprestasi Terbaik adalah pustakawan yang memiliki komitmen dan prestasi unggul dalam bidang kepustakawanan, berkepribadian, dan berkehidupan sosial yang tidak tercela, serta berkinerja baik sehingga pantas dijadikan panutan dan memberi motivasi para pustakawan dan tenaga perpustakaan lainnya.

Pustakawan yang terpilih sebagai Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional memperoleh penghargaan berupa piagam dan uang tunai sebesar Rp10.000.000 untuk Juara I, Rp8.500.000 untuk Juara II, Rp7.000.000 untuk Juara III, Rp5.000.000 untuk Juara Harapan I, Rp4.000.000 untuk Juara Harapan II, dan Rp3.000.000 untuk Juara Harapan III.(dew) -Harian Umum Pelita-

Untuk pengaduan dan informasi lain dapat anda kirimkan melalui:
SMS : 0811-976-929
Fax : 021-5703337
Telp : 021-5707303
Surat : PO.BOX 4490
E-mail : aspirasi@diknas.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar