Jumat, 13 November 2009

Peserta Workshop Kompas MuDA Berlimpah

Peserta Workshop Musik di Jakarta

"Workshop" yang Melimpah

Lega... Itulah yang terlintas di benak para volunter angkatan II Kompas MuDA Jakarta ketika workshop Musik MuDa Creativity ”BANGGA INDONESIA” di Main Stage-Assembly Hall Indonesia Book Fair, JCC, Senayan, Minggu (8/11), dinyatakan selesai.

Setelah bersusah payah sekitar tiga minggu mempersiapkan dua workshop sekaligus, akhirnya semua usaha terbayarkan dengan suksesnya Workshop Fotografi dan Musik itu.

Berkaitan dengan ulang tahun ke-3 Kompas MuDA, yang puncaknya akan berlangsung 26-28 Februari 2010, MuDA Creativity Kompas-KFC membuat Workshop Fotografi dan Musik sebagai ajang sosialisasi menuju ”tanggal main” yang sebenarnya.

Berbagai peristiwa lucu, sedih, dan konyol selama menjalani hari-hari mempersiapkan acara semuanya menjadi kenangan yang sulit kami lupakan (cie... cie...).

Seperti yang terjadi pada H-1. Para anggota KUOTA (Kompas MuDA Volunter Jakarta) yang berencana datang pukul 12.00 (walaupun banyak yang ngaret, ha-ha...) harus berpusing ria karena banyak perubahan.

Seksi acara harus bolak-balik membuat ulang rundown acara. Seksi registrasi harus berkali-kali mendata ulang peserta karena terus terjadi penambahan peserta pada Workshop Fotografi.

Telepon dan SMS terus berdatangan untuk mendaftar di Workshop Fotografi. Kami harus menyiapkan beribu kata untuk menolak permintaan para pendaftar (maaf ya, he-he...). Kami bahu-membahu menyiapkan goodie bag, memastikan semua divisi melaksanakan tugas dan menyiapkannya dengan baik.

Kepusingan yang dialami sehari menjelang acara membuat kami melupakan rapat dengan bercanda. Banyolan dan lelucon memecah keheningan hari yang terus merambat malam. Biar begitu, tetap dong, kami sempet-sempetin bernarsis ria di laptop milik Ezi dan Hana (makasih udah menampung wajah kami).

Sekitar pukul 23.00, kami menghentikan rapat dan bersiap pulang. Bahkan, Priyan dari Bogor dan Haryo dari Cisauk, Tangerang, sampai menginap di apartemen Kompas. Dewi dari Bekasi juga memilih menginap di rumah omnya yang berlokasi tak jauh dari kantor Kompas.

Workshop Fotografi

Jeng-jeng-jeng... akhirnya, hari-H tiba. Kami berkumpul di Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan, sekitar pukul 07.00. Walaupun ada yang telat (lagi-lagi!). Kami lalu beralih ke Gedung Kompas Gramedia yang di Jalan Palmerah Barat, lantai 7, tempat acara berlangsung.

Semua perabotan workshop, seperti goodie bag, flyer, kuesioner, sampai meja registrasi mulai dipersiapkan. Sekitar pukul 08.00 peserta berdatangan, padahal kami belum siap. Ini panic mode on yang pertama, dan kedua saat peserta yang mendaftar on the spot semakin banyak.

Padahal, kapasitas cuma 200 orang. Setelah sempat menelantarkan peserta selama beberapa saat (maaf ya...), akhirnya semua peserta bisa ikut workshop setelah panitia menambah kursi dan goodie bag tentunya. Ternyata jumlah peserta lebih dari 250 orang! Makasih ya....

Pukul 09.00 acara dimulai. Dibuka dengan penampilan band Sparkle dan duo MC kita, Intan dan Haryo (volunter angkatan 2), yang memandu jalannya acara. Narasumber workshop: Mas Eddy Hasby, editor foto Kompas.

Para peserta antusias mengikuti workshop. Ini dilihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan. Workshop berakhir sekitar pukul 11.00. Peserta dapat makan siang plus sertifikat. Selain itu, sebagian peserta juga memilih tinggal untuk mengikuti lomba dan meng-upload foto.

Pemenang lomba foto diraih M Kemal sebagai juara pertama, juara kedua Angga Okta, dan juara ketiga M Awwaab AM.

Saat pembagian sertifikat sempat ribet karena peserta berebutan untuk mendapatkannya. Namun, dengan kesabaran, semua teratasi. Syukurlah.... Kami bergegas menuju medan perang berikutnya, Workshop Musik.

Workshop Musik

Lanjut dari Gedung Kompas, kami pergi ke JCC Senayan, tempat Workshop Musik berlangsung. Kami pergi bertahap alias sendiri-sendiri, bingung pun menyergap sebab jalan di seputar Senayan hari itu ternyata macet luar biasa. Evanto, volunter, sampai bertanya apa logo hotel terdekat dari JCC, ha-ha....

Akibat macet itulah, gelombang kedatangan anggota KUOTA ke JCC terhambat. Jadilah volunter yang tiba duluan mengerjakan tugas divisi lain. Kerja serabutan, hiks.... Jadilah acara yang seharusnya mulai pukul 13.00 molor sampai pukul 13.30. The show must go on.

Workshop Musik dimulai dengan penampilan band Beage dengan dua lagu. Acara ini dipandu Ryo dan Buluk dari radio Trax FM. Jadilah pengunjung Indonesia Book Fair pun memenuhi pelataran sekitar panggung.

Kesibukan dan kesemrawutan di sekitar acara membuat kita ”terkesima”. Sampai keluarga Puti, volunter, yang khusus datang ke JCC terpaksa dicuekin. Sampai rumah, Puti langsung dijuluki sombong oleh sang adik (hu-hu-hu...).

Acara berakhir sekitar pukul 15.00 dengan penampilan band Nunung cs dan Sherina sebagai puncaknya. Biar workshop udah selesai, tugas KUOTA belum beres. Sampai jumpa di acara Februari 2010 ya.... (KUOTA Jakarta: PUTI, CHERYL, PRIYANTO)***

Source : Kompas, Jumat, 13 November 2009 | 03:50 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar