Minggu, 06 September 2009

Indramayu pun Bisa Menjadi "Kota Kurma" di Pantura Jawa Barat

Bukan Hanya Di Arab, di Indramayu pun Pohon Kurma Bisa Berbuah

KURMA DI BALAI DESA – Pohon kurma tumbuh membesar di depan Balai Desa (Kantor Kuwu) Jatibarang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Jumat (4/9) siang, pohon kurma itu sudah berbuah banyak dan menguning mendekati matang. Buahnya tergolong subur dan jika pohonnya banyak, secara ekonomi bisa menjanjikan. (Satim)*** Foto : Satim

BUAH KURMA JATIBARANG, INDRAMAYU – Buah kurma mulai terlihat di depan Kantor Kuwu Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Gambar diambil Jumat (4/9) siang, pohon kurma itu sudah berbuah dan menguning. Konon, sebentar lagi siap dipanen, dan bauhnya bisa dirasakan. Jika setiap pohon kurma yang banyak tumbuh di “Kota Mangga” Indramayu pada berbuah dan memenuhi pasaran, kemungkinan ada dua julukan bagi Indramayu, yakni sebagai “Kota Kurma” dan tidak kalah dengan negara-negara di Jazirah Arab. (Satim)*** Foto : Satim

Kota Mangga Berbuah Kurma

INDRAMAYU – Ini baru kejutan. Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat yang selama ini dijuluki sebagai “Kota Mangga” karena buah mangganya yang manis dan legit hingga terkenal sampai ke manca negara itu, kini dalam masa-masa mendatang, selain buah mangga, Indramayu akan dikenal pula sebagai “Kota Kurma”, sebuah julukan baru yang bakal mengejutkan negara-negara jazirah Arab yang lebih dulu dikenal sebagai penghasil kurma terbesar di dunia. Bahkan setiap bulan suci Ramadhan, buah-buah kurma ekspor beredar di seluruh Indonesia, hingga menembus perdesaan.

Buah kurma yang dikenal banyak khasiatnya dalam dunia kesehatan, belakangan sudah banyak di tanam di wilayah Kabupaten Indramayu. Meski kategori pertumbuhannya masih terbilang belum membudaya di masyarakat setempat. Namun beberapa pekarangan warga Indramayu, sudah bertumbuhan secara alami pohon-pohon kurma yang sudah membesar.

Pantauan ToeNTAS News, pohon kurma yang tumbuh membesar di depan Kantor Kuwu Jatibarang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu itu, kini sudah berbuah dan pada matang. Konon, tak lama lagi buah-buah kurma yang bergelantungan di atasnya, sudah bisa dinikmati layaknya buah kurma yang didatangkan dari negeri Arab sana.

“Jika warna kuning buah kurma itu sudah tua, baru diambil dan dijemur agar keluar warna hitamnya yang mengandung aroma rasa gula alami kurma,” kata Rohendi (45), warga setempat, Jumat (4/9).

Bahkan sekitar dua tahun lalu, pihak Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Indramayu sudah mencanangkan program penghijauan dengan tanaman kurma di sejumlah ruas jalan raya. Kegiatan ini merupakan program penghijauan hasil perpaduan antara Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertambangan, serta Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Indramayu ketika itu.

Barisan pohon kurma tersebut kini telah tumbuh agak besar. Ada kemungkinan, jika pohonnya sudah berdiameter sekitar 20 sentimeteran, sepanjang ruas Jalan Gatot Subroto Indramayu akan menjadi kawasan buah kurma. Dan kemungkinan, Kabupaten Indramayu pun sebagai daerah pantai, bisa dikenal pula sebagai “Kota Kurma”. Wallahu’alam. (Satim)***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar