Minggu, 03 Mei 2009

SMP Terbuka 1 Indramayu

Siswa SMP Terbuka 1 Indramayu sedang praktek keterampilan bordir (foto satim)

SMP Terbuka 1 Indramayu

Siap Berlaga di Tingkat Nasional

INDRAMAYU – Ketika warga banyak ekonomi lemah yang kesulitan untuk melanjutkan sekolah anaknya ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), di wilayah Kabupaten Indramayu telah berdiri SMP Terbuka 1 Indramayu. Sekolah ini menjamin murid bisa belajar dengan gratis tis, namun fasilitasnya tidak kalah dengan sekolah negeri lainnya. Fasilitas sama, namun murid-muridnya dijamin tidak dipungut biaya sepeser pun.

Konon, para orangtua siswa jangan pusing-pusing menyekolahkan anaknya di SMP Terbuka 1 Indramayu. Meski hari belajarnya sama dengan sekolah biasa, namun siswa SMP Terbuka 1 Indramayu belajarnya pada sore hari.

“Biar pagi harinya para siswa barangkali membantu orangtuanya mencari nafkah. Karena SMP Terbuka 1 Indramayu lebih memprioritaskan pada anak-anak kalangan masyarakat miskin agar mereka tetap sekolah demi masa depannya,” kata Makrus, Wakil Kepala SMP Terbuka 1 Indramayu kepada ToeNTAS News di kantornya, belum lama ini.

Menurutnya, jaminan kualitas pendidikan SMP Terbuka 1 Indramayu sama dengan SMP Negeri 1 Indramayu. Karena selama ini, baik ruang belajar, sarana bermain, sarana olahraga, perpustakaan, komputer dan para guru-gurunya didominasi dari para guru SMPN 1 Indramayu.

Hanya ada kelebihan lain di SMP Terbuka 1 Indramayu, yakni dilengkapi dengan perangkat musik bagi siswa yang hobi musik, serta dilengkapi dengan sarana dan prasarana keterampilan yang bisa menunjang siswa untuk kreatif , berjiwa wiraswasta, dan mandiri agar bisa menunjang ekonomi keluarganya.

“Program keterampilan yang tengah kami seriusi saat ini, adalah di bidang menjahit dan bordir. Kami telah menggandeng pihak ketiga untuk mendidik dan mencetak para siswa kami agar terampil, kreatif, dan mampu mengerjakan beragam corak dan model bordir sesuai pesanan konsumen,” ungkap Makrus.

Keterampilan bordir yang dimiliki para siswa SMP Terbuka 1 Indramayu itulah, yang kemudian akan dilombakan di tingkat nasional dalam Lomba Keterampilan SMP Terbuka Tingkat Nasional pada Agustus 2009 mendatang. Dan SMP Terbuka 1 Indramayu merupakan akan mewakili Kabupaten Indramayu yang akan “berlaga” adu keterampilan melawan sejumlah SMP Terbuka lainnya se-Indonesia di Jakarta. ( Satim / Joko K )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar