Rabu, 13 Mei 2009

Kisah di Balik Konferensi Kelautan Dunia 2009 di Manado

Konferensi Kelautan Dunia 2009
Persiapan Pameran Dikebut

Hari Ini Pertemuan Pendahuluan WOC Manado

MANADO – Para peserta Pameran Ilmu Teknologi, dan Industri Kelautan Internasional, Minggu (10/5) malam, masih sibuk menghias dan mematangkan kesiapan stan. Pameran akan berlangsung 11 – 15 Mei 2009.

Menurut data panitia penyelenggara pameran PT. Fery Agung Corindotama, pameran diikuti 132 peserta. Sebagian besar peserta berasal dari perwakilan pemerintah daerah di Indonersia.

Pameran, menggunakan lokasi Restoran Nyiur Melambai. Ruang pamer utama ditempati badan dunia, departemen, dan perusahaan swasta. Hall B dan C dengan tenda ditempati Pemda.

Selain pameran juga dilangsungkan pertemuan pejabat senior. Pelaksanaan Konferensi Kelautan Dunia (WOC) yang dimulai Senin (11/5) akan diawali pertemuan 83 (bukan 87) delegasi pejabat senior dari 72 negara dan 11 organisasi internasional yang bergerak di bidang lingkungan dan kelautan. Pertemuan pejabat senior (SOM) ini diadakan di Grand Kawanua Convention Centre.

Di tempat terpisah, Manado Convention Centre (MCC) juga menggelar simposium yang membahas 10 topik dengan 31 sesi mengenai kelautan. Simposium diikuti lebih dari 1.000 peserta dalam dan luar negeri.

Sekretaris Panitia Nasional Konferensi Kelautan Dunia (WOC), Indroyono Soesilo mengatakan, 83 delegasi peserta dengan jumlah orang sebanyak 1.835 kemarin sudah berada di Manado. Para peserta diangkut melalui sejumlah penerbangan langsung (extra flight) dari Jakarta dan Singapura.

Delegasi Meksiko mengubah jumlah rombongan yang akan datang dari 20 orang menjadi dua orang. Salah satu penyebabnya adalah merebaknya vitus influenza A-H1N1.

Menurut Indroyono, antusiasme peserta menghadiri Konferensi Kelautan Dunia cukup tinggi. Dicontohkan, Amerika Serikat menyertakan 40 ilmuwan, termasuk wakil menteri kelautan mereka dan membawa rekaman pidato Menteri Luar Negeri Hillary Clinton yang akan disiarkan di sela-sela konferensi.

Pembicaraan MOD

Pertemuan pejabat senior wakil negara peserta WOC tersebut merupakan langkah awal pembicaraan Manado Ocean Declaration (MOD) yang akan dideklarasikan pada akhir pertemuan akbar pada 14 Mei 2009 mendatang. Pembicaraan ini melibatkan seluruh pemangku kepentingan kelautan dunia.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi mengatakan, pertemuan pejabat senior sebagai salah satu agenda untuk menyamakan persepsi mengenai MOD.

Selanjutnya, MOD akan menjadi rujukan dari WOC untuk diperjuangkan pada Konferensi PBB untuk Peribahan Iklim COP-15 yang berlangsung di Kopenhagen, Denmark, pada bulan Desember mendatang.

Salah satu butir MOD memuat ajakan agar dimensi kelautan menjadi perhatian dunia dalam upaya melakukan adaptasi dan mitigasi dampak perubahan iklim. (Ich/Zal).
Sumber : Kompas, Senin, 11 Mei 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar